Terpopuler

Jumat, 21 Oktober 2011

alun-alun selatan kraton jogja

menelusuri jalan didaerah kraton, banyak sekali jalannya. dan akhirnya ditemukan sebuah lapangan besar yang terletak di belakang kraton jogja. masyarakat jogja mengenalnya dengan alun-alun selatan karena terletak diselatan bangunan kraton. dulunya alun-alun selatan digunakan untuk latihan pasukan /prajurit kraton, tapi sekarang sebagai tempat olah raga dan tempat wisata malam yg menarik di kota jogjakarta. sepeda hias dengan lampu-lampu warna warni menjadi daya tarik wisatawan. selain itu adanya penjual wedang ronde dan roti, jagung bakar menjadi nikmat suasana alun-alun selatan di malam hari.  ditambah masangin yaitu permainan dengan mata ditutup dengan kain dan berjalan lurus menembus 2 pohon beringin. konon katanya klo ada orang yang bisa berjalan lurus dan tanpa belok memebus 2 pohon beringin keinginannya akan terwujud. ya itulah sebuah mitos boleh percaya dan boleh tidak percaya. kenapa pohon beringn dialaun-alun selatan dipagari itu menggambarkan seorang anak yang sudah akil baliq sehingga harus ditutup auratnya. 

di bagian barat ada sebuah bangsal kecil yaitu bangsal atau kandang gajah milik kraton dulunya , tetapi sekarang gajah milik kraton dititipkan di kebun binatang gembiro loka. jadi tidak adalagi binatang gajah yang menghibur anak-anak kecil di sore hari. selatan alaun-alaun kidul mengarah ke arah plengkung gading/plengkung nirboyo. utara dari alun-alaun selatan yaitu sitihinggil kidul. untuk sultan/raja yg bertahta ada larangan untuk melewati alun-alun selatan. konon katanya alun-alun selatan merupakan jalan/route kereta jenazah sultan dari kraton hingga plengkung gading. sedangkan dari plengkung gading digunakan mobil jenazah.

dulunya juga alun-alun selatan digunakan oleh pedagang klitikan/penjual barang bekas siang hari hingga sore hari untuk berjualan. tetapi setelah direlokasi di pasar klitikan di daerah kuncen sehingga pedangan klitikan sudah tidak ada dan kawasan alun-alun selatan  bebas pedangan barang bekas. sedangkan pemerintah kota membuat alat untuk olah raga yg ditempatkan diselatan alun2 selatan, agar masyarakat gemar berolah raga, biar badan sehat dan kuat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar