Terpopuler

Minggu, 10 Januari 2016

"Kirab Ageng" Jumenengan Dalem Paku Alam X

Kirab Ageng Jumenengan Dalem KGPAA Paku Alam X menjadi peristiwa budaya bersejarah dan langka yang disambut antusias oleh  masyarakat Yogyakarta. Ribuan warga berjubel di sepanjang rute kirab untuk turut Mangayubagyo sang Adipati baru sekaligus Wakil Gubernur DIY

Kereta Kyai Manik Kumolo
 
Kirab yang menepuh jarak sekitar 3,5 km ini melewati rute Pura Pakualaman - Jalan Sultan Agung - Jalan Gajahmada - Jalan Bausasran - Jalam Gayam- Jalan Cendana - Jalan Kusumanegara - Jalan Sultan Agung - kembali ke Puro Pakualaman.

 Rute Kirab Ageng

Sebelum kirab, kereta Kyai Manik Kumolo dan kereta lainnya siap didepan Tratag Bangsal Sewatama. Dua gamelan, Kyai Pragrawitasari dan Kyai Tlagamuncar membawakan Gending-Gending Soran. Sedangkan di Regol Danawara terdapat gamelan Kyai Kombang Tawang dan Carabalen yang membawakan Gending Monggang, seperti membawa ke jaman masa lalu.


 Persiapan keberangkatan kirab Ageng

Ketika Paku Alam X keluar dari Ndalem Ageng menuju Bangsal Sewatama diiringi Gending Ketawang Puspawarna. Kemudian duduk di kursi yang disediakan disusul pembacaan doa keberangkatan kirab ageng oleh Abdi dalem Suranggama. Kirab ageng mulai jam 14.30 WIB.

Abdi Dalem Suranggama

Dalam kirab Ageng kemarin, Rayi Dalem Paku Alam X Gusti Pangeran Haryo (GPH) Harimurti bertindak sebagai Manggala Yudha (Panglima Perang). Iringan-iringan kirab diawali  Marching Band Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta disusul paskibra yogyakarta dan barisan pembawa bendera pura pakualaman. Selanjutnya barisan tujuh ekor gajah koleksi gembira loka & kraton Yogyakarta, bregada lombok abang, iringan lima kereta dan pasukan kavaleri. dibelakangnya menyusul  bregada plangkir, dan marching band UPN "Verteran" yogyakarta sepagai penutup barisan kirab.

 Barisan Gajah

 Maching Band AAU Yogyakarta

Paskibraka Kota Yogyakarta

Pasukan Lombok Abang

KGPAA Paku Alam  X berada dalam kereta pusaka Kyai Manik Kumolo yang dihiasi rangkaian bunga melati dan ditarik enam ekor kuda putih. Sepanjang kirab Sri Paduka Paku Alam X yang mengenakan pakaian kebesaran warna hitam bercorak emas, ramah menebar senyum dan melambaikan tangan kepada warga. "Matur Nuwun" ucapan terima kasih beberapa kali disampaikan Paku Alam X kepada warga yang mengeluelukannya.
 KGPAA Paku Alam X

Rombongan Kirab Ageng Jumeneng Dalem Sri Paduka Paku Alam X mulai kembali ke Puro Pakualaman setelah menjalani kirab keliling kota Yogyakarta sekitar pukul 16.30 WIB. Begitu tiba di depan Gerbang pintu masuk Puro Pakualaman, rombongan Kirab Ageng Jumeneng Dalem Sri Paduka Paku Alam X langsung disambut dengan lantunan Gending Coro Balen sebagai bentuk penghormatan.

 Kereta yang mengikuti Kirab Ageng

Tak hanya itu, penabuh gamelan yang berada tepat di gerbang pintu masuk puro Pakualaman juga melanjutkan penyambutan dengan melantunkan gending Udan Mas untuk mengiringi Sri Paduka Pakualam X yang turun dari kereta kencana dan kembali ke bangsal Sewatama. Para penabuh gamelan tersebut merupakan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang sejak pagi bertugas menjadi penabuh gamelan.
 Rombongan gajah Memasuki Puro Pakualaman

Di Puro Pakualaman, Permaisuri  Adipati Paku Alam X, telah menunggu kedatangan rombongan kirab dengan berada di Bangsal Sewotomo, Pakualaman. Permaisuri memang tidak mengikuti kirab ini, Sri Paduka Pakualam X hanya seorang diri berada di dalam kereta kencana Manik Kumolo

 Kereta Kyai Manik Kumolo di depan Tratag Bangsal Sewatama

Sumber informasi berita, foto & video :
- Koran kedaulatan Rakyat (KR) edisi tanggal 08 Januari 2016
- Twitter : #JumenenganDalemPAX
- http://krjogja.com
http://krjogja.com/read/286767/galeri-foto-kirab-jumeneng-dalem-paku-alam-x.kr
- http://liputanindonesianews.com/detail/1776/kirab-ageng-jumengan-paku-alam-x.html  
- http://www.antaranews.com/berita/538998/jumenengan-kadipaten-puro-pakualaman-setelah-17-tahun
http://www.tribunnews.com/video/2016/01/09/newsvideo-
http://jogja.tribunnews.com/2016/01/07/pihak-pakualaman-senang-lihat-antusias-tinggi-masyarakat-yogya-pada-proses-jumenengan-pa-x 
https://www.elaenews.com/berita/detail/6506/Galeri-Foto-Kirab-Jumeneng-Dalem-Paku-Alam-X 
http://photo.liputan6.com/lifestyle/senyum-kgpaa-paku-alam-x-saat-kirab-ageng-keliling-yogyakarta-2406675
- https://twitter.com/purapakualaman/status/423013871951962113 
http://www.voaindonesia.com/content/penobatan-kgpaa-paku-alam-x-di-era-modern/3136776.html 



  Video Kirab Ageng Jumenengan Dalem Paku Alam X


Tidak ada komentar:

Posting Komentar